Ganti Judul dan ALt sendiri

Ibok Belajar Desain Dengan Canva

 Memanfaatkan Canva Untuk Desain

Printable dengan canva
Printable dengan canva

Hy bybok! Beberapa tahun belakangan ini, lebih tepatnya mulai 2019, aku sedang menggeluti hobi baru dalam bidang desain. Karena bosan dengan rutinitas ibu rumah tangga yang itu mulu, menjadikanku harus menguras otak supaya nggak mati gaya. Salah satunya adalah menekuni hobi lama yang berhubungan dengan desain. Pernah dengan aplikasi Canva? Yap, ternyata ada aplikasi mendesain mudah yaitu dengan canva. Apa nih hobi bybok yang baru digeluti lagi setelah berumah tangga?


Ya, nggak menyangka sih bakal bergelut lagi dengan dunia menggambar. Dulu aku pecinta komik manga yang sampai tahap suka gambar tokohnya :D. Ternyata bisa menjadi healing tersendiri ketika mencoba lagi. Scrolling sosial media sampai menemukan banyak hal baru, termasuk akhirnya masuk ke komunitas ilustrator buku anak. Iya, karena keseharian bersama anak jadi tertarik mengulik buku anak.


Di komunitas ini jujur banyak mendapat ilmu baru dalam hal ilustrasi dan desain. Sesekali bahkan dapat lemparan job dari teman. Sampai akhirnya aku mampu membangun portofolio yang belum seberapa di instagramku. Eh nggak menyangka malah ada yang mampir dan menawarkan job sebagai desainer feed instagramnya yang bernama avva.co.id


Secara garis besar job ku di avva adalah membuat original karakter ghanniy dan umma dan mendesain feed instagramnya. Sekejap bingung nih, kalau mengilustrasikan semua nggak efisien banget. Bertemulah aku dengan canva. Alhamdulillah aku bisa mengkombinasikan ilustrasiku sendiri dan canva. Nggak jauh dari seputar anak-anak ya, yang pasti kata kunci yang sering aku pakai di canva adalah mainan anak, mainan montessori, hewan laut, dinosaurus, dan masih banyak lagi. Sedangkan font, aku sering menggunakan yang italic atau bold.


Yuk simak pengalamanku dalam bercanva! :D


Pengalaman Desain Dengan Canva


Sungguh bersyukur sekali ya ketika bertemu dengan canva. Pekerjaan desain menjadi lebih mudah.  Sat set wat wet. Banyak fitur canva yang memang ditujukan untuk memudahkan dalam desain. Terutama bagiku yang skill desainnya belum seberapa ini. Bagiku lebih mudah langsung menggambar sendiri daripada mendesain.


Yang sering aku lakukan dengan canva adalah,


  1. Membuat infografis


Infografis dengan canva
Infografis untuk Ig Avva.co.id

Siapa sih yang suka membaca tulisan dengan banyak desain pendukungnya? Aku adalah termasuk orang yang gampang bosan melihat tampilan buku dengan tulisan yang dominan. Lebih suka yang ada terselip gambar atau warna warni. Sejenis majalah anak dengan banyak gambar akan lebih menarik daripada koran hitam putih. Begitupun ketika membuat desain feed ig. Infografis terasa lebih mudah dengan canva. Bahkan ada template yang bisa dengan mudah di otak atik sesuai keinginan. Tinggal bagaimana kreatifitas kita aja.


  1. Membuat printable


    Printable hijaiyah
    Printable dengan canva

Life hack ibok kalau lagi malas bebikinan untuk anak adalah membuat printable. Dengan canva, membuat printable menjadi lebih mudah. Selain karena banyak gambar yang bisa dipilih, ada tools untuk membuat garis, titik, atau bentuk geometri lain. Bahkan ada template juga untuk beberapa printable yang diinginkan. Kalau ibok biasa untuk gambarnya bikin sendiri baru menyusunnya di canva.


  1. Melayout cover buku


Layout cover buku dengan canva
Layout cover buku antologi dengan canva

Nah ini karena ibok pernah membuat cover sebuah antologi, canva penolongnya. Ketika itu sempat bingung sebab nggak punya skill layouting. Eh ternyata di canva bisa. Ada bantuan tool margin yang bisa membuat gambar nggak melenceng kemana-mana. Jadi bisa pas sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Bisa juga nih layouting isi buku di canva, khususnya untuk buku anak yang harus ada penataan gambar dan tulisan.


  1. Membuat undangan digital


    Undangan digital dengan canva
    Undangan digital dengan canva

Yang terbaru, ibok membuat undangan pernikahan digital untuk teman. Dengan perpaduan gambar ilustrasiku sendiri dan canva tentunya. Khususnya untuk penambahan teksnya. Sekali lagi fitur margin canva sangat berguna disini.  Jadi nggak perlu ukur pakai penggaris ya :D.


Sebenarnya masih banyak sekali hal yang bisa dilakukan dalam hal desain dengan canva. Itu tadi beberapa yang pernah aku lakukan. Kalau kalian udah pernah mendesain apa aja nih pakai canva?


Kelebihan Canva by Ibok


Mempelajari fundametal desain itu memang membutuhkan waktu yang lama. Pakai canva sekalipun, harus rajin berlatih sampai peka jiwa desainnya. Tapi untuk membuat desain sederhana, canva bisa jadi pilihan. Karna aku rasa canva memang di desain untuk memudahkan yang ingin membuat desain tanpa harus memulai dari nol. 


Kelebihan canva sebagai alat mendesain,


  1. Mudah digunakan


Easy to use sekali loh canva ini. Interface nya pun mudah dipahami dan digunakan. Fiturnya banyak dan ramah untuk orang awam sepertiku :D. Cukup login dengan alamat email, aku bisa utak atik desain sepuasnya. Lalu tinggal klik "Buat Desain" , aku bisa pilih mau membuat apa. Ada pilihan video seluler, cerita instagram, konten instagram, dan masih banyak lagi. Nggak perlu lagi setting sendiri ya :D.


  1. Banyak pilihan template, font, dan gambar


Sungkem dulu sama yang menciptakan canva karena berbagai fiturnya yang menarik. Ada template, dimana ini banyak pilihan dan untuk banyak even. Tinggal pilih dan edit sesuai keinginan aja. Mau menambahkan tulisan? Cukup mudah karena udah ada nih di canva banyak pilihan font yang bisa digunakan. Wah apalagi gambar, tinggal pilih dan pakai di desainku. Jangan khawatir kehabisan gambar, canva menyediakan beribu gambar. Search keyword gambar yang diinginkan maka akan muncul banyak pilihan. Yang paling sering aku pakai adalah fitur unggah karena aku banyak pakai gambar sendiri :D.


  1. Bisa memilih fitur gratis atau pro


Selama memakai canva, aku cukup puas dengan hanya fitur gratisannya aja. Kalau mau bebas menggunakan semua aset yang ada di canva tinggal langganan versi pro nya aja sih. Dan aku pakai canva pro dengan memanfaatkan layanan affiliate dari canva nih, jadi bisa lebih murah dengan bertim. 


Baca juga: Jasa Ilustrasi Foto By Ibok



Seruuuu sekali eksplor berbagai macam fitur di canva. Nggak perlu skill desain yang expert untuk bisa mendesain di canva. Cukup percaya diri dan peka akan komposisi baik warna maupun bentuk, udah bisa membuat desain. Toh kalau terlihat aneh tapi aku puas ya bagus aja ya hahaha. Dengan banyak berlatih kepekaan desainnya bakal berkembang kok ya. Akupun masih belajar :D. Bagaimana pengalaman bybok pakai canva?


Nah kali ini ibok punya kesempatan emas banget nih belajar tentang canva, lebih tepatnya gimana cara membuat infografis yang menarik lewat blogcoaching bersama coach Hamimeha. Desain nggak bisa asal dong, harus banget belajar lebih dalam. Kalau menggambar ilustrasi aku bisa, mendesain belum tentu. Makanya bersyukur sekali mendapat materi ini di blogcoaching kali ini. 



6 komentar

Terima kasih sudah berkunjung :)
  1. Masyaallah, dah berpengalaman yaa mbaa

    BalasHapus
  2. Desainnya bagus-bagus, Mbak. Menarik dan anak-anak banget.🙂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebetulan lagi concern sama hal yang berbau anak2 mbak :D

      Hapus
  3. eeeh ternyta dl freelance di avva ya ibook?

    BalasHapus
  4. Iya nih, anak buahnya umma mbak put hihihi

    BalasHapus