Ganti Judul dan ALt sendiri

Resep Bolu Kukus Tanpa Oven Tanpa Timbangan



Hai Bybok! Siapa nih yang hobi bikin kue? Atau suka oprek di dapur aja? Hehe sama nih Ibok juga suka oprek aja tapi asli nggak bisa masak apalagi bikin kue.


Beberapa kali mencari resep di google untuk membuat resep sederhana, kadang berhasil kadang juga nggak. Yang paling mutakhir adalah mencari resep roti kukus sederhana. Buat apa? Buat kasih kejutan ulang tahun si Ayah :D


Karena aku nggak suka nonton tutorial di youtube, akhirnya aku mencari artikelnya di google. Yang sering muncul adalah dari website cookpad.com. Sekali klik banyak banget resep bermunculan. Kadang sampai bingung nih mau pilih resep yang mana :D


Tentunya tim mendang mending kayak ibok pilih resep yang super mudah dan murah tapi enak. Gimana tuh? Belum lagi terkendala tidak punya alat masak yang memadai. Oven? Nggak punya. Mixer? Apalagi, jelas nggak punya. Hahaha. Yang aku punya adalah tangan pemberian Tuhan hehe. Meski begitu nggak menyurutkan langkahku membuat roti bolu ya.


Perjalanan Mencari Resep


Mencoba mengingat aku punya alat apa ya dirumah untuk bikin sebuah roti bolu ulang tahun? Hmm… untuk membuat roti yang proper kayaknya nggak ada :D. Oke oke. Berselancar sebentar, bertemulah dengan resep bolu kukus. Oh ya oven bisa diganti dengan kukusan.


Lalu apalagi nih? Menyelam dalam resep roti bolu kukus, ternyata rata-rata membutuhkan timbangan untuk takaran alatnya. Nah kan timbangan kagak punya :D. Yah mulai deh berniat untuk beli ajalah ya haha. Eh ingat untuk si Ayah tercinta masa beli sih? Ayah mah pasti bisa kalau beli ya :D.


Pantang menyerah, terus berselancar. Dan taraaaaa… akhirnya menemukan resep yangs sesuai dengan kemampuanku yang pas-pas an ini :D.


Resep Bolu Kukus Tanpa Oven Tanpa Timbangan


Memang kalau pantang menyerah akan ketemu secerca harapan ya. Bertemulah aku dengan jodoh resep yang aku banget :D begini resepnya


10 sdm tepung terigu

12 sdm air

2 sdm mentega

½ sdm ragi instan

10 sdm gula pasir

Cokelat atau meisis untuk isian


Cuma segitu bok? Iya Bybok, bahannya cuma itu. Belum lagi takarannya itu loh pakai sendok :D memudahkan banget nggak sih?


Yakin bok bakalan jadi rotinya?


Well… see… hihi…


Step Meracik Resep


Nah kali ini mari ibok infokan cara membuatnya ya Bybok. Jadi caranya mudah banget masyaAllah. Aku yakin kita semua punya bahannya dirumah. Kalau nggak adapun bisa beli disekitaran rumah. Nggak perlu ke toko bahan kue ya. Bagi orang macam aku yang mageran ini tuh menyenangkan sekali haha.


Alat yang diperlukan

Kukusan

Sendok

Wadah plastik

Wadah untuk mengukus


Stepnya begini:

  1. Masukkan semua bahan dalam wadah plastik.

  2. Uleni sampai merata dan kalis ya, jangan sampai ada tepung terigu yang menggerindil. (Tepung terigu bisa diayak dulu bok, supaya mulus dari gerindil).

  3. Setelah terbentuk adonan, diamkan selama 30 menit.

  4. 30 menit kemudian, ambil adonan ya. Bagi menjadi beberapa bagian sesuai keinginan. Lalu beri isian.

  5. Diamkan lagi adonan yang telah diberi isian selama 30 menit.

  6. Setelah adonan mengembang, siapkan kukusan.

  7. Kukus adonan selamat kurang lebih 15 menit.

  8. Dan taraaa… roti bolu kukus sederhana sudah siap dihidangkan.


MasyaAllah sederhana nggak sih bok? Banget ya. No ribet-ribet club nggak sih?


Bagaimana hasilnya?


Tekstur roti bolu kukus
Tekstur roti bolu kukus

Alhamdulillah kalau mengikuti resep dengan baik nggak begitu buruk loh. Bagaimana rasanya bok? Alhamdulillah enak alias not bad. Ternyata dengan bahan minimalis bisa menghasilkan roti yang lembut. Dan dengan keterbatasan alat bisa loh. Hasil rotinya tidak jauh berbeda dengan beli di toko haha. Rasanya pun pas tidak terlalu manis. Kekurangannya hanya ditampilannya alias warna yang pucat. Jadi kurang menggugah selera. Sengaja sih aku nggak pakai pewarna makanan karena memang nggak tersedia dirumah. Yang terpenting rasanya enak ya.


Finishing Roti Bolu Kukus Sederhana


Berhubung judulnya tadi adalah membuat roti sederhana untuk kejutan ulang tahun ya, jadi ibok dan anak-anak pun berusaha mencari ide untuk menghiasnya. Kelihatan no effort sekali ya :D kalau orang jawa bilang "ora bondo" hahaha. Nggak ya. InsyaAllah ada ketulusan di dalamnya.


Jadi aku pakai kertas lipat, lidi, dan spidol. Udah 3 bahan itu aja. Karena tidak punya printer jadi memaksa harus kreatif ya haha.


Dan ini hasilnya…


Hasil roti bolu kukus
Hasil setelah dihias


Keterlibatan Anak Dalam Proses


Terpikirkan olehku kira-kira kejutan apa ya yang pas untuk si Ayah. Karena kalau membeli sebuah barang kurang berkesan, si Ayah bisa membeli sendiri. Membuat suatu barang akan membutuhkan waktu yang lama. Akhirnya terpikirkan membuat roti sederhana.


Wah MasyaAllah si Ayah begitu terkesan sampai bingung. Lah kapan bikinnya? Iya jadi membuatnya waktu Ayah tidur. Belum lagi dengan hiasan yang begitu kreatif cenderung kayak orang nggak niat :D. Yah mau bagaimana lagi ya kan berkerja dengan dua anak yang aktif begitu susah.


Resep ini bisa banget loh dipraktikkan dirumah bareng anak-anak. Karena memakai takaran sendok, anak-anak bisa bagian menyendok dan menuang dalam wadah. Sambil belajar berhitung sesuai takaran. Satu kegiatan bisa mengasah sensorik anak. Dalam proses mengulen pun anak bisa terlibat. Lagi-lagi mengasah skill sensoriknya di bagian tangan. Kena adonan roti yang empuk dan bertekstur lembut akan memberi cita rasa baru ditangan anak.


Ketika roti berhasil dengan sempurna, anak-anak begitu gembira loh. Ada kebanggaan dalam diri mereka melihat hasilnya. Belum lagi melihat ekspresi terkejut dan senang si Ayah :D


Selamat mencoba ya Bybok!





5 komentar

Terima kasih sudah berkunjung :)
  1. paling asik kalo udah melibatkan anak-anak nih. pasti langsung heboh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, seru sendiri anak kalau udah main tepung wkwk

      Hapus
  2. Saya banget nih, kalau cari resep yang simpel dan ekonomis, no ribet-ribet, hehehe... Happy cooking, Ibok.

    BalasHapus
  3. Pas baca linknya di list BW langsung melek. Padahal ini dah mau tengah malam lho buk. Masa iya bukan tidur malah keinget makanan? Huhu gagal lah diet nya nanti. Btw menarik sekali idenya. Perlu saya coba mungkin ya, kalau pas tidak mager dan luang hehe. Makasih banyak ya book, tips yang sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  4. Saya suka sekali dengan resep.simpel dan tanpa oven tanpa timbangan. Pingin nyoba ah

    BalasHapus