Ganti Judul dan ALt sendiri

Rekomendasi Channel YouTube Anak: RIRI!

 Akhirnya aku menemukan tontonan youtube yang asik ditonton bersama anak :D


Hai bybok! Siapa yang hari ini berhasil tidak memberi gadget ke anak? Hihihi pasti banyak ya, sekarang tidak sedikit orang tua yang melek akan bahaya paparan gadget yang berlebih pada anak. Tapi masih ada juga loh yang memberi durasi nonton melewati batas.


Ibok tipe yang mana? Aku adalah tipe ibu yang kasih gadget ke anak di waktu tertentu. Hihi pembelaan ya. Jadi sejak LDM lagi sama ayahnya, aku sering merasa boring waktu nemenin anak. Karena aku nggak bisa membagi jatah nemenin anak ke ayahnya. 24 jam penuh anak nempel almost every day. Tentunya itu menjadi distraksi buat seorang perempuan yang moodnya gampang kacau ini. Waktu me time jadi berkurang banyak. Malam hari inginnya me time eh malah ketiduran karena lelah. Hari minggu yang biasanya anak bisa sama ayahnya ini masih sama aku. Segala sesuatu harus melibatkan anak. Sehingga membuat aku harus sesekali kasih tontonan buat anak.


Hal ini sudah aku sepakati dengan pasangan. Si ayah juga kasihan sama aku :D. Ya walaupun tidak ada pembenaran juga sih kasih gadget. Yang penting kita berdua sadar akan konsekuensinya, salah satunya anak jadi ketergantungan dan gampang tantrum. Untungnya si kakak sudah berusia 6 tahun dan adek 2 tahun. Dimana kakak dulu kenal gadget usia 2 tahun persis. Dua tahun awal free gadget, alias akupun puasa gadget baik televisi maupun handphone. Sementara adeknya pun sama, bedanya si adek aku kadang masih pegang handphone depan dia. Nah akhirnya pilihan kita jatuh ke menyediakan televisi alih-alih handphone. Karena aku nggak rela dengan perjuanganku selama ini no handphone buat anak. 


Dan sampailah pada perburuan mencari tontonan yang kids friendly. Cukup sulit sih. Kebanyakan materi bagus tapi pakai bahasa inggris. Sementara aku memang belum mengenalkan bahasa inggris ke anak. Nggak tahu kenapa channel bahasa indonesia itu anakku nggak suka, karena gambarnya kurang begitu menarik. Pengennya tuh menemukan channel yang edukatif tapi ya menarik ;D. Bertemulah aku dengan channel RIRI.


Apa itu RIRI?


Riri!

Riri adalah channel youtube edukatif untuk anak yang berisi cerita dan dongeng dengan gambar animasi. Ada 110 cerita anak yang bisa dinikmati dalam bentuk animasi. Tagline Riri adalah Cerita Anak Interaktif. Dalam website Riri dijelaskan alasan mengapa anak suka RIRI? Antara lain karena,

  1. Interaktif, setiap cerita disajikan secara interkatif alias karakter yang ada dapat berinteraksi dan beranimasi.

  2. Dilengkapi narasi, yang bisa membantu anak yang belum bisa membaca karena narasu yang disajikan mengikuti suara yang muncul secara otomatis.

  3. Ringkas, cerita yang ada dapat diunduh sesuai kebutuhan. Sehingga dapat menentukan cerita apa saja yang ingin dibaca.

  4. Selalu baru, RIRI akan terus menambah cerita baru setiap mingguunha agar tidak bosan.


Wow! Bisa dibayangkan betapa asiknya nonton cerita animasi di channel RIRI.


Dimana saja bisa mengakses RIRI?


Awalnya aku menemukan RIRI karena sedang mencari referensi untuk menggambar cerita legenda. Aku sendiri tahu cerita legenda hanya beberapa saja. Dulu suka sekali membaca buku cerita rakyat. Scrolling di youtube munculnya channel RIRI. Setelah menonton cerita kancil dan buaya, aku jadi penasaran dengan si RIRI. Eh ternyata RIRI punya website. Tidak hanya itu, ada aplikasi untuk smartphone, facebook, bahkan twitter. Bisa di akses juga di amazon dan radio anchor.fm. Wah keren sekali bukan?


Apa saja cerita dalam channel RIRI?


Nggak perlu berselancar jauh, channel youtubenya pun sudah banyak cerita. Apa saja?

  1. Cerita rakya nusantara, beberapa diantaranya adalah Timun Mas dan Buto Ijo, Malin Kundang, Asal-Usul Kota Surabaya, dan Roro Jonggrang.


  2. Dongeng dan Fabel Nusantara, beberapa diantaranya adalah Kancil dan Buaya, Kancil dan Pak Tani, dan Kelinci dan Kura-Kura.

    YouTube RIRI: Kisah Kancil dan Buaya


  3. Nilai Moral dan Kisah Inspiratif, beberapa diantaranya seperti kejujuran.


Kesanku Tentang RIRI


Ya sejauh ini RIRI menjadi pilihan utamaku sebagai tontonan anak ya. Banyak sekali hal yang bisa aku diskusikan bersama setelah nonton. Apalagi cerita rakyat dalam bentuk animasi tergolong susah dicari. Dan RIRI punya banyak judul. Selain itu gambar animasinya sudah di approve oleh si kakak. Katanya lucu dan cantik warnanya. Yang paling berkesan lagi adalah disetiap akhir cerita ada pesan moral yang bisa diambil.


Terakhir aku dan kakak menonton tiga cerita sekaligus. Yaitu Asal Usul Kota Surabaya, Legenda Nyi Roro Kidul, dan Asal Usul Kota Banyuwangi. Surprisingly, kakak bisa mengulang ceritanya walaupun terbata-bata. Coba deh tonton RIRI supaya bisa merasakan vibesnyaaa…


Kenapa kok pilih tontonan youtube sih? Kan lebih baik buku?


Nah ini ada alasan mendasarnya ya. Jadi anak aku tuh tipe anak yang visual, menonton film atau video adalah hiburan bagi dia. Sampai saat ini dia tidak tertarik belajar membaca. Salah satu caraku untuk menarik dia membaca adalah menonton video baru setelah itu diarahkan ke buku. Ketika sesi membaca bukupun dia pasti melirik gambarnya, dia lebih nyaman membaca gambar daripada tulisannya. Ini pekerjaan rumah sih buat aku sebagai orang tuanya. Walaupun awalnya aku kekeh nggak kasih nonton video tapi kenyataannya anaknya enjoy dengan belajar lewat video. Akhirnya aku merubah strategi dan semoga hal ini bisa mendapatkan hasil yaitu belajar yang menyenangkan untuk si kakak.


Memang ya menjadi orang tua jaman sekarang nggak bisa cuma berbekal "pokoknya". Hal semacam itu sudah pasti nggak menjawab rasa penasaran anak jaman sekarang. Mau tidak mau, suka tidak suka, kita akan masuk ke dalam era digital. Yang mana semua serba gadget. Bahkan bukupun sekarang sudah digital. Untuk mengarahkan anak menghadapi perkembangan dunia sekarang sih tidak ada salahnya memberi gadget asalkan tetap sesuai porsi dan usia. Dan yang lebih penting adalah pendampingan orang tua.


Yuk coba tonton youtube RIRI :D


9 komentar

Terima kasih sudah berkunjung :)
  1. Nonton 1 dongeng tidak cukup, jadi pingin nonton semuanya

    BalasHapus
  2. Baru tahu kalau ada chanel Riri setelah baca artikel ini. Bisa jadi referensi untuk ditonton keponakan nih.. Thank you infonya kak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 kak, yuk segera nonton bareng anak2 hihi

      Hapus
  3. Wah mantap. Bisa ku jadikan referensi ini Mbak... Coba lah nanti pan kapan aku sama anakku coba nonton channel youtube ini. Makasih ya Mbak infonya

    BalasHapus
  4. Terima kasih atas rekomendasinya, ibook. Nanti aku tonton sama anak-anak, ah. Anakku juga tipe visual jadi betah banget kalau nonton 🙈. Saat ini sedang ditertibkan pegang HP nya di akhir pekan dan hari libur saja.

    BalasHapus
  5. Anakku jg suka riri, ilustrasinya bagus 🥰

    BalasHapus
  6. eh kok jdi pengen bikin ya kak😍

    BalasHapus