Ganti Judul dan ALt sendiri

Ibok Belajar SEO On Page

Entah kenapa daridulu tidak terlalu suka berselancar di YouTube. Jujur sih lebih suka berenang-renang di Google dengan mengetik kata kunci. Selalu mencari sebuah artikel dari blog seseorang. Aku merasa sentuhan personal dari blog itulah yang membuatku tertarik. Dan kadang penasaran bagaimana sih algoritma Google meletakkan artikel pada halaman pertamanya. 

Nah ternyata menjadi halaman pertama pencarian di Google itu ada tekniknya. Namanya adalah SEO alias Search Engine Optimization. Sepemahamanku sih ini sejenis cara bagaimana cara mengoptimalkan artikel agar banyak orang yang berkunjung. Awal mengetahui SEO aku sudah pusing duluan :D. Dalam bayanganku adalah sesuatu yang harus dipelajari dengan koding. Dimana koding kan sangat rumit ya menurut orang awam sepertiku. Kenyataannya aku masih bisa memahami perlahan. Sayang banget kan kalau artikel yang aku tulis tidak mendapatkan pembaca yang tepat karena aku gagal membuatnya menarik. 

SEO On page


Apa sih SEO itu?

SEO alias Search Engine Optimization dalam pemahamanku adalah cara agar artikel atau blog mendapatkan banyak kunjungan. Yang intinya adalah cara menarik perhatian Google agar melirik artikelku sehingga bisa terpajang di halaman pertama pencarian Google. Tentunya tidak ada yang instan ya semua membutuhkan waktu yang panjang. Kalau banyak yang berkunjung secara otomatis peluang blogku untuk dikenal akan sangat tinggi.


Apakah Manfaat SEO On Page?

Ngobrolin manfaat nih tentunya SEO menjadi elemen penting buat perkembangan blogku. Apabila ingin semakin dikenal banyak orang maka perlu sekali  SEO. Setelah blog ramai kunjungan maka akan banyak pihak yang mengajak berkolaborasi. Selain itu, akan semakin banyak orang yang terbantu dengan artikel blog ku. Harapannya sih begitu ya haha. Jadi semakin menambah motivasi nih untuk membuat artikel yang bermanfaat. SEO juga membantu menemukan pembaca yang tepat untuk artikel yang aku buat. 

 

Mengapa Harus Belajar SEO On Page?

Membayangkan diri menjadi orang dibalik tulisan yang banyak menginspirasi banyak orang adalah impian. Salah satu jalannya adalah lewat optimasi blog. Oleh karena itu harus banget belajar blog di tengah kesibukan ya bybok :D. Apalagi kalau target pribadi adalah menghasilkan cuan ya. 


Cara Optimasi SEO On Page ala Ibok

SEO On page


Kenapa ala ibok? Karena Ibok belum pernah nangkring di halaman pertama mesin pencarian google, jadi ini hanya hasil aku membaca sana sini dan merangkum yang sekiranya mampu aku coba lakukan. Apa saja itu? 

  1. Kata Kunci yang Spesifik

Hal tersulit tapi penting dan utama dalam segala aktivitas blog adalah menentukan kata kunci. Apapun yang berbau optimasi selalu ada unsur kata kunci. Sampai banyak kan sekarang aplikasi yang dapat membantu menentukan kata kunci yang tepat. Menurutku sih memahami artikel yang aku buat terlebih dahulu, kemudian mengetahui target pembaca. Baru aku bisa memilih kata kunci yang tepat. Berdasarkan sumber yang aku baca, kata kunci diulang dalam paragraf pertama atau seratus kata pertama akan membantu mesin pencari melacak artikel. Jadi sebaiknya meletakkan kata kunci di seratus kata pertama jika memungkinkan.

Bagiku yang susah sekali membuat paragraf pertama, terasa lebih sulit lagi ketika harus memasukkan kata kunci di paragraf pertama. Jadi pressure begitu ya menulisnya haha. Jadi salah satunya dengan berusaha membuat paragraf pertama yang menarik sesuai kata kunci.

  1. Permalink Sederhana

Dulu nggak paham tuh apa permalink? Sekarang sudah tahu dong. Dan ternyata permalink bisa di optimasi juga. Permalink sederhana akan memudahkan mesin pencari mengenali topik yang sedang aku bahas. Lagi-lagi permalink harus mengandung kata kunci yang aku targetkan.

Misalnya, aku menentukan kata kunci YouTube ramah anak. Maka begini kira-kira permalink yang ideal,

www.Iboksaurus.blogspot.com/rekomendasi-YouTube-ramah-anak

  1. Konten yang Menarik

Namanya juga menulis sebuah konten, secara otomatis konten atau artikel ya harus menarik. Baik itu dari segi judul, subjudul, isi, dan kesimpulan. Keseluruhan konten artikel harus menjawab kata kunci atau topik yang aku bahas. Aku masih kesulitan sih menentukan konten yang mau aku tulis. Jadi mau tidak mau aku harus banyak mencari sumber referensi dengan banyak membaca. Setidaknya aku harus tahu konten apa nih yang kira-kira sedang trending dan sesuai dengan niche blogku.

  1. Gambar dan Video

Tidak bisa dipungkiri sih tampilan blog yang memanjakan visual itu membuat betah untuk berlama-lama. Gambar dan video yang sesuai dengan konten akan lebih menarik pembaca. Aku sendiri pun ketika blogwalking akan lebih menyukai yang ada gambar atau video. Selain itu dari gambar dan video yang di optimasi akan lebih membantu mesin pencari Google mengidentifikasinya. Seperti membuat ukurannya tidak terlalu besar sehingga loading blog akan lancar. Menambahkan kata kunci pada nama file gambar atau video dan mengubah alternatif teks gambar atau video.

  1. Judul dan Subjudul

Jadikan judul dan subjudul jembatan yang mempermudah pembaca memahami konten. Judul dan subjudul sebaiknya mengandung kata kunci yang aku targetkan. Judul dan subjudul juga membantu artikel terpecah menjadi beberapa bagian yang berisi poin-poin penting. Sekali lagi langkah ini akan membantu konten ku dikenali oleh mesin pencarian Google.

  1. Internal Link

Internal Link adalah link yang mengarah ke konten lain di blog ku. Semakin menjelaskan ke Google ya kalau blog aku itu niche ya ini loh. Semua kontennya saling berhubungan. Sehingga memudahkan mesin pencari untuk memahami hubungan antar halaman di blog aku. Katanya, Google mengutamakan blog yang kontennya saling berhubungan lo.

  1. Outbond Link

Ini sama seperti kemarin waktu aku belajar memasukkan video YouTube dalam blog ku. Tidak bisa pakai outbond link yang asal sih ya. Disini YouTube sudah pasti punya reputasi baik dong ya. Jadi pembaca tidak akan ragu nih ketika membaca artikel aku karena aku sudah menghubungkannya dengan sumber yang kredibel.

Konten yang aku bahas kemarin adalah rekomendasi YouTube ramah anak RIRI. Dan outbondlink yang aku sertakan adalah website riri dan YouTube Riri.

  1. Share Media Sosial

Jaman sekarang ya nggak bisa lepas sama yang namanya sosial media. Entah itu Instagram, Facebook, Twitter, atau Tik Tok. Dan sudah nggak heran lagi sosial media menjadi jalan promosi. Begitupun kalau ingin mempromosikan blog ku memang lebih cepat dan mudah lewat share media sosial. Menambahkan tombol share lewat sosial media dapat membantu optimasi blog juga loh.


Wah seru sekali ya belajar soal SEO On Page. Dan semua ini dilakukan demi menarik perhatian Google. Jikalau ingin blog lebih dikenal banyak orang mau tidak mau ya harus menerapkan SEO ya. Yuk semangat belajar SEO :D



4 komentar

Terima kasih sudah berkunjung :)
  1. Waaah lgsung praktek dg personal touch gambar ibook nih🥰

    BalasHapus
  2. Ibarat kata harus dandan cantik agar memikat Search Engine ya, book 🤭

    BalasHapus
  3. Detail banget penjelasan ibok. Jadi makin bisa menerapkan.. semoga terus mengoptimasi blog Umma

    BalasHapus
  4. Wah ibok banyak eksplor yaa. Ada tambahan materi baru lagi nih selain dari Mbak Marita. Jadi dapat materi colongan hehe

    BalasHapus