Ganti Judul dan ALt sendiri

Bybok Si Bestie Iboksaurus

 Tulisan tanpa pembaca apa jadinya? :D Masih bisa sih ya dibaca sendiri alias menjadi tulisan pribadi. Aku adalah penikmat tulisan sendiri. Karena sudah punya bekal menulis yang sedikit ini, aku ingin mengembangkan hasil tulisanku supaya bisa dibaca banyak orang. Bagaimana caranya sesi curhat pribadiku bisa menghasilkan insight untuk orang lain. Nggak hanya koar-koar ghibahin orang hahaha. Yang penasaran dengan cara aku curhat bisa buka tulisanku.


Sementara ini memang niche tulisanku lebih ke curahan hati ibu rumah tangga dengan dua anak dan LDM alias long distance relationship. Bagaimana kehidupan pasangan long distance relationship? Bagaimana menghandle anak ketika berjauhan dengan ayahnya? Bagaimana ibok menghandle dirinya melewati hari sendiri tanpa bantuan ayahnya? Hmm lumayan berat juga ya untuk berbagi :D karena semua itu tidak mudah dan banyak ketidaksempurnaannya. Malah cenderung banyak melencengnya dengan teori parenting. Lalu bagaimana ibok menyiasatinya? Bagaimana ayah ikut andil dalam pengasuhan anak? Bagaimana ayah ibok menghandle perasaan masing-masing?


Sosok bybok
Karya iboksaurus untuk feed instagram

Dan pembaca yang aku harapkan adalah semua orang yang ingin belajar bersama mengambil sebuah pelajaran dari perjalanan keluargaku. Nggak mencari benar atau salah tapi mengambil hikmah. Mau itu seorang ibu, seorang bapak, calon ibu, calon ayah, anak muda, dan orang tua sekalipun. Karena memang nanti akan banyak membahas seputar keluarga. Spesifiknya adalah seorang ibu muda yang baru memulai perjalanannya sebagai seorang ibu. Bagaimanakah gambaran si ibu?


Nah lebih lanjut aku akan mencoba merangkum persona atau gambaran orang yang akan menjadi pembaca tulisanku. Yang akan aku sebut sebagai bybok alias besty ibok :D


Nama Persona


Panggil saja bybok :D sekumpulan ibu yang sedang mencari referensi bacaan ringan mengandung curahan hati yang sekiranya related dengan apa yang dialami. 


Visualisasi Bybok


Dalam imajinasiku, bybok adalah seorang ibu yang setiap harinya berpakaian rumahan bisa daster, gamis, atau baju tidur. Pakai daily hijab sat set anti badai walau harus dibawa kemana mana. Sedang yang tidak berhijab dikuncir cepol ala-ala atau ya udah sekenanya aja sih rambutnya hihi.


Bybok
Desain cover buku bertema ibu karya iboksaurus

Seragam dinas setiap harinya adalah pakaian rumahan. Tanpa riasan wajah. Keluar rumah hanya bermodalkan segera sampai tujuan dan segera pulang :D.


Deskripsi Bybok


  • Usia : 28-30 tahun

  • Domisili : Jawa timur

  • Latar belakang pendidikan: sekolah menengah ataupun sarjana

  • Pekerjaan: ibu rumah tangga

  • Status: menikah

  • Gaya hidup: sederhana dan bersahaja. Selalu ingin belajar dan belajar. Memenuhi kebutuhan anak tanpa lupa dengan dirinya. Berusaha balance antara anak dan dirinya. Terkadang marah, sedih, kecewa atau perasaan negatif lainnya tapi berusaha menanggulanginya sendiri dengan sebaik baiknya.

  • Hobi: nulis, baca buku, menggambar

  • Sosial media: instagram, tik tok, dan facebook


Sosok Bybok


Sepanjang pengalamanku belajar atau mencari informasi, jujur aku lebih suka membaca dari google atau blog catatan seseorang yang pernah mengalami. Daripada menonton youtube, aku lebih suka membaca. Apalagi kalau menemukan tulisan yang bahasanya ringan kayak novel remaja. Aku pasti betah berlama-lama kepoin artikelnya. Justru kalau menemukan yang bahasanya terlalu formal atau sulit dicerna aku akan skip :D. Jadi bybok pun demikian dia lebih suka membaca berdasarkan pengalaman pribadi. Walaupun bukan pengalaman misalnya review barang pun harus yang easy going bahasanya.


Hal yang dicari adalah seputar kehidupan ibu rumah tangga yang tidak sempurna. Dengan berbagai kesalahan yang mewarnai harinya. Namun, dia berusaha mencari solusi yang cocok untuk dirinya. Dia mencari artikel yang manusiawi, wajar dialami ibu pada umumnya. Dan tidak melabeli diri ini itu, namun fokus tanpa memihak.


Terkadang dia merasa iri dengan kehidupan orang lain, tapi tidak membuatnya harus seperti itu juga. Dia lebih memilih mencari versi untuk dirinya.


Fokusnya adalah keluarga. Terutama suami dan anak. Prinsip hidupnya adalah hubungan dengan suami nomer satu, hormat dan menurut dengan suami dalam kebaikan, dan segala sesuatu harus komunikasi dengan suami. Sementara anak, dia akan mencurahkan segala untuk anak namun tetap berdiskusi dengan ayahnya. Sebisa mungkin dia akan mencari cara agar ayahnya terlibat walaupun jauh. 


Bybok tipe orang yang suka belajar dan mencari ilmu baru. Gampang bosan tapi sekalinya berniat serius akan dilakukan apapun demi mencapainya. Dan selalu meminta ridho suami untuk apapun yang dilakukan. Setiap hari berusaha mendampingi anak dengan baik walaupun sadar kalau banyak hal yang tidak bisa di handle dengan baik. Gampang frustasi ketika hal tidak sesuai dengan rencana tapi dengan mudah kembali on track ketika kewarasannya udah kembali. Suami adalah kunci dan support sistem utamanya setelah anak-anak. 


Sangat tertarik dengan membaca buku, parenting, psikologi, dan skill baru. Apalagi skill yang bisa dikuasai sambil menemani anak dirumah. Tidak menggeneralisasikan permasalahan hidup orang, semua punya cara masing-masing. 


Bybok ketika membaca artikelku akan merasa bahwa apa yang aku bahas related dengan apa yang dialami. Ketika tidak menemukan persamaan pun tetap enjoy membaca karena merasa sejalan dengan prinsip yang aku pegang. 


Menceritakan bybok serasa menggambarkan diriku sendiri ketika blogwalking ya hihihi. Akupun tipe yang begitu, baik menulis maupun mencari bahan bacaan. Segala sesuatu yang menarik minatku saat itu pasti akan ku baca. Semoga semua pembaca tulisanku puas dengan apa yang aku tuliskan. Walaupun terkadang sedikit ngawur dan asal dalam menyelesaikan suatu permasalahan tapi insyaAllah akan mencari solusi yang paling pas. Tapi namanya manusia kan nggak luput dari kesalahan ya? :D


Yang ingin berteman lebih jauh dengan iboksaurus bisa buka instagram ibok.


4 komentar

Terima kasih sudah berkunjung :)
  1. Halo ibok Novi...hihi aku banget ni kalo keluar-keluar prinsipnya: Ndang budal Ndang mbalek. Rumah seacak Adul apa pun tetep the lovely nest

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah iyaaa bener banget kan mbak 😂 sat set wat wet ya langsung ke tujuan hahaha

      Hapus
  2. Ciri-cirinya banysk yang aku banget ibook. Apalagi ysng duka baca daripada nonton youtube.baru diputer bentar,tiba2 udah pelor (nempel dan molor -ketiduran)Hahaha

    BalasHapus
  3. Wah aku banget mbk, males ribet..hehehe.... kayak si bybok , suka dasteran, malas ganti kalo keluar deket-deket rumah. Sat set sat set cepet beres... wkwkk

    BalasHapus