Ganti Judul dan ALt sendiri

Cara Mendaftar Google News: Artikel Menjadi Berita

 Hy Bybok!

Siapa sih yang nggak pernah membaca atau mendengar berita? Pasti semua orang melakukan salah satunya atau bahkan keduanya. Nggak bisa ya hidup ini lepas dari berita. Karena membaca berita termasuk hal yang dapat menambah wawasan. Istilahnya nggak perlu keliling dunia untuk tahu perkembangan dunia, cukup dengan membaca. Bisa berita di surat kabar atau koran dan berita digital. Alias berita yang banyak bertebaran di internet. Rangkaian belajar nge-Blog kali ini telah sampai di cara mendaftar Google News sehingga artikel blog bisa menjadi berita.

Menarik sekali ketika tahu artikel yang aku buat di blog bisa menjadi berita. Bayangkan apabila bisa masuk dalam Google News maka secara otomatis kemungkinan pengunjung blog meningkat lebih banyak. Salah satu penambah semangat untuk menjaga kualitas blog selain Google Analytics dan Google Search Console. Yuk simak cara mendaftar Google News!

Google News

Google News adalah layanan berita online yang disediakan oleh Google. Google News memungkinkan pembaca menemukan dan membaca berita dari  berbagai sumber secara terpusat. Google News menggunakan algoritma dan teknologi cerdas untk menyusun berita dari berbagai sumber berita online, memberikan kesempatan pembaca mengakses berita terkini dan relevan di satu tempat.

Ketika membayangkan artikelku nangkring di Google News, analoginya itu seperti bisa masuk seleksi terbit di Koran gitu ya. Dimana nanti bisa dibaca banyak orang dari Sabang sampai Merauke. Hehehe. 

Manfaat Mendaftarkan Blog Ke Google News

Mendaftarkan blog ke Google News dapat memberikan sejumlah manfaat, terutama jika blog serius dalam menyediakan berita dan konten aktual. Berikut adalah beberapa manfaatnya:

  1. Memperluas jangkauan dan visibilitas, bergabung dengan Google News memberikan kesempatan untuk meningkatkan jangkauan dan visibilitas blog. Artikel yang terdaftar akan menjadi berita yang muncul dalam hasil pencarian berita Google dan situs Google News.
  2. Meningkatkan lalu lintar (traffic), dengan muncul di Google News blog akan memiliki potensi untuk mendapatkan lalu lintas tambahan dari pembaca yang encari berita terkini. Ini dapat meningkatkan jumlah pembaca dan pengunjung blog.
  3. Meningkatkan otoritas dan kredibilitas, keanggotaan dalam Google News dapat memberikan otoritas dan kredibilitas tambahan pada blog. Banyak orang mengnggap sumber berita di Google News sebagai sumber informasi yang terpercaya.
  4. Meningkatkan peluang monetisasi, dengan meningkatnya lalu lintas dan kredibilitas ada potensi untuk meningkatkan peluang monetisasi melalui iklan, mitra konten, atau model penghasilan yang lain.
  5. Pengindeksan lebih cepat, Google News secara rutin mengindeks berita-berita terbaru. Dengan terdaftar di Google News, artikel blog punya peluang lebih besar untuk diindeks oleh goole dengan cepat. 
  6. Optimalisasi SEO, muncul di Google News dapat memnerikan dampak positif pada SEO blog. Mesin pencari mungkin memberikan prioritas lebih kepada konten yang terdaftar di Google News.

Cara Mendaftar Google News

Untuk mendaftar Google News, ada tiga hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Hal ini sifatnya wajib ya. Tiga hal tersebut adalah:
  1. 1. Pastikan Google Analytics telah terpasang.
  2. 2. Pastikan Google Search Console telah terpasang.
  3. 3. Menyediakan gambar logo blog dalam tiga ukuran,
    • Square ukuran 512 x 512 px.
    • Logo ukuran 10:1, misal 2000 px : 200 px dengan background putih.
    • Logo ukuran 10:1, misal 2000 px : 200 px dengan background gelap.
Jika tiga hal diatas sudah terpenuhi, maka bisa melanjutkan step untuk mendaftar Google News. Langkah-langkah yang dapat ditempuh antara lain,

1. Masuk ke web Google News,

cara mendaftar google news


2. Masuk ke halaman Get Started With Publisher Center. 
3. Ketik alamat blog di Your Publication's URL, lalu klik Add.
4. Muncul pop up Welcome To Publisher Center, isi Publication Name, Primary Website Property, dan Location. Centang Checking. Lalu klik Add Publication.

Google news


5. Muncul halaman Explore Production dan Revenge Revenue Message (bagian ini abaikan). Klik Open pada Explore Production. 
6. Masuk ke halaman Google News, lalu klik Edit.
7. Masuk ke dalam Google News setting. Ada 3 poin yang harus dilengkapi antara lain, General, Content Setting, dan Review and Publish.
8. Pada menu General, 
- Isi Basic Information>Public Category>isi sesuai niche blog.
- Isi Distribution>Country>indonesia
- Isi Distribusion>Google property>Allow All Properties
- Klik Next
9. Pada menu Content Settings,
- Section>pilih Feed
Muncul pop up Add Feed,
        - Section Tittle isi sesuai keinginan.
        - RSS or Atom Feed URL, ada tiga cara untuk mengisi bagian ini:
            1. Link di Google Search Console
Buka akun GSC>menu indexing>sitemap>add new sitemap, ketik https://alamat                blog/default>submit>pastikan status Succes>copy sitemap baru>kembali ke kun Google News>paste ke "RSS or Atom Feed URL.
            2. Ketik Manual
https://alamat blog/feed/posts/default?alt=rss
Atau
https://alamat blog/feeds/posts/default
            3. Buat RSS Feed dengan RSS Feed Generator
Buka https://rss.app>ketik alamat blog di kolom URL>klik Generate>copy hasilnya>paste di RSS or Atom Feed URL di Google News.

google news



10. Pada menu Review And Publish,
Akan ditampilkan area-area yang masih harus di review. Klik review maka akan diarahkan ke halaman yang harus diperbaiki. Contoh yang biasanya muncul untuk di review pada menu publication settings,
    - General>Mengisi kontak di publication settings.
    - Visual Style>Memasukkan gambar logo yang tadi sudah disiapkan.

google news


    - Mengisi Terms of Service.
11. Setelah tidak ada yang perlu di review, maka akan muncul tombol Publish.
12. Klik Publish, maka status pada halaman awal menjadi In Review. Pada tahap ini harus bersabar karena perlu waktu untuk disetujui oleh Google News.

google news


13. Setelah nanti diterima, maka akan mendapatkan alamat URL artikel yang telah terpublish di Google News. Dan status In Review berubah menjadi Live.

Conclusion...

Setelah melewati serangkaian yang panjang ini jadi yakin kalau blog-blog keren yang aku baca di pencarian google memang sudah pilihan ya. Google Analytics, Google Search Console, dan Google News merupakan salah tiga alat yang bisa digunakan untuk meningkatkan kinerja blog. Nah apakah teman-teman sudah mendaftar ke Google News? Sharing yuk di kolom komentar.






2 komentar

Terima kasih sudah berkunjung :)
  1. Alhamdulilla... Akhirnya selesai juga tugas kali ini ya, Mbak. Tinggal nunggu kabar baik dari Google News, heee... Tetap semangat 🔥🔥

    BalasHapus
    Balasan
    1. MasyaAllah sekali mbak kali ini 🙈 bolak balik mau nyerah aja rasanya wkwk

      Hapus