Ganti Judul dan ALt sendiri

Cara Memasang Google Search Console Untuk Meningkatkan Kinerja SEO

 Hy Bybok!

Masih dalam serangkaian belajar nge-Blog nih ya. Kenalan lagi sama tools gratisanya Google yang berguna banget untuk meningkatkan kinerja blog. Apa tuh? Dialah Google Search Console. Kali ini aku mau berbagi cara memasang Google Search Console atau GSC yang bisa meningkatkan kinerja SEO blog. Wow! Jadi artikel blog akan lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari. Bagaimana caranya?

Google Search Console

Google Search Console adalah alat yang disediakan oleh Google secara gratis untuk membantu pemilik situs web memantau, melaporkan, dan memecahkan masalah yang terkait dengan kinerja situs web dalam hasil pencarian Google. Google Search Console adalah alat yang sangat berharga bagi pemilik situs web dan profesional SEO untuk memastikan situs web dapat diakses dan diindeks dengan baik oleh mesin pencari, serta meningkatkan performa dan pengalaman pengguna situs web.

Cara Memasang Google Search Console

Akses Google Search Console

Kunjungi situs web Google Search Console (https://search.google.com/search-console)
Atau bisa mengakses GSC melalui dashboard blogger. Caranya Setting>Crawlers and Indexing>klik Google Search Console.

Tambahkan Property atau Situs Web

Masuk ke dashboard Google Search Console, pilih URL Prefix, masukkan alamat blog, dan klik Continue. Lalu akan muncul pop up tentang verifikasi kepemilikan. Pilih Go To Property. Masuk ke halaman pengaturan verifikasi ulang, klik Start.

cara memasang google search console

google search console

Verifikasi Kepemilikan

Pilih metode verifikasi yang diinginkan meliputi HTNL, file HTML, atau melalui penyedia layanan domain. Klik bagian Verifikasi Kepemilikan. Akan muncul pernyataan "Anda adalah pemilik terverifikasi", lalu klik Analytics Google. Verifikasi berhasil, maka update status google analytics dan penyedia nama domain sudah "berhasil diverifikasi".

google search console

Mengkoneksikan Dengan Google Analytics

Buka akun google analytics, masuk ke bagian admin, dan pada product link pilih Search Console Links. Klik tambahkan Link, pilih situs blog. Kemudian pilih Search Console Property, Choose Property. Pilih akun maka akan muncul nama situs blogku sudah tersambungkan. Klik Next. Lalu aku pilih Web Streamku, lalu pilih Review dan Submit. Cek dibagian Aearch Console Link di Google Analytics, sudah muncul propertyku.

google search console

Menambahkan Sitemap

Setelah verifikasi berhasil, aku memilih situs blogku. Di panel navigasi, klik "Sitemaps". Klik tombol "Add a new sitemap". Ketikkan sitemap.xml . Lalu klik Submit. Setelah itu lanjut submit pages dan feed.

google search console

Indexing Sitemap

Indexing sitemap dilakukan dengan cara copy paste salah satu alamat artikel yang ingin diindex. Kemudian masuk ke URL Inspection, lalu masukkan link tersebut, dan request indexing.

google search console

google search console

Fungsi Utama Google Search Console

Memasang Google Search Console tanpa tahu apa fungsinya tentu akan percuma ya. Karena GSC bisa meningkatkan kinerja SEO, maka mendalami fungsinya untuk keberlangsungan blog sangat penting. Apa saja sih fungsi utama dari Google Search Console?

1. Verifikasi dan pemantauan kepemilikan, memumgkinkan pemilik situs web memverifikasi kepemilikan domain atau property web.
2. Pemantauan kinerja pencarian, menyediakan data tentang bagaimana situs web muncul dihasil pencarian google termasuk jumlah klik; impresi; dan posisi rata-rata. Dalam hal ini meningkatkan kinerja SEO dari blog.
3. Analisis cakupan indeks, melaporkan halaman yang diindeks dan memberikan wawasan tentang halaman yang mungkin mengalami masalah atau tidak terindeks.
4. Manajemen Sitemap, memungkinkan pengguna untuk mengirim sitemap situs web dan memungkinkan Google mengindeks halaman dengan lebih efisien.
5. Analisis kinerja halaman, memberikan informasi tentang pengalaman pembaca dan kualitas halaman.
6. Memberikan pemberitahuan dan peringatan tentang masalah yang terdeteksi di situs web, seperti halaman yang tidak terindeks atau masalah keamanan.
7. URL inspection, memungkinkan untuk memeriksa bagaimana google melihat halam spesifik di situs web dan memberikan informasi tentang status indeks.
8. Memberikan informasi tentang sejauh mana situs web dapat diakses dan dioperasikan.
9. Memberikan laporan tentang masalah keamanan potensial pad situs web, seperti malware atau halaman yang tidak aman.
10. Memungkinkan integrasi dengan Google Analytics untuk mendapatkan wawasan yang lebih mendalam tentang pembaca situs web.

Conclusion...

Proses pemasangan Google Search Console terasa sangat mudah tapi juga sulit ya. Andai tidak melihat tutorial blog coaching mungkin akan kelimpungan sendiri. Sungguh ajaib dari sebuah aplikasi gratisan bisa mengindex artikel blog dalam pencarian google. Salah satu rumus meningkatkan SEO blog yang tidak dapat dilewatkan. Baru kali ini aku tahu bahwa masuk ke dalam mesin pencarian google itu tidak gampang. Sekarang perlu lebih rajin lagi untuk mengecek ke dalam Google Search Console agar bisa membuat blog yang benar disukai pembaca. Ketika banyak pembaca mampir ke blog, aku harus banyak berterima kasih nih kepada Google Analytics maupun Google Search Console yang sudah membantu artikelku muncul di pencarian google. Nah kalian sudah pasang Google Search Console belum?

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung :)