Ganti Judul dan ALt sendiri

5 Tips Membacakan Buku Sebelum Tidur

 Hy bybok!


Sebelum tahu pentingnya membacakan buku ke anak, aku suka bingung mau berkegiatan apa nih sebelum tidur. Aku mulai membacakan buku ketika kakak berusia 15 bulan. Sebelumnya bacain tapi buku seadanya. Sampai detik ini aku masih bacain buku buat kakak dan adik sebelum tidur. Kira-kira apa saja nih hal yang harus diperhatikan saat membacakan buku sebelum tidur versi iboksaurus?


Manfaat Membacakan Buku Sebelum Tidur


Semua ibu pasti sudah paham ya manfaat bacain buku sebelum tidur tuh banyak banget. Dan dari sekian banyak manfaat itu yang menurutku paling berasa buatku ada 3 hal.


Membaca buku sebelum tidur
Membaca buku sebelum tidur

Pertama, bacain buku itu memperkuat bondingku dengan anak. Nggak hanya aku, si ayah juga merasakan kalau bacain buku untuk anak bisa menjadi salah satu kegiatan bonding yang seru. Padahal si ayah adalah tipe yang gampang ngantuk ketika baca buku. Beda cerita ketika bacain anak-anak, auto melek karena harus dibumbui dengan sedikit dramatisasi.


Kedua, bacain buku bisa meningkatkan kualitas tidur anak loh. Sebelum tidur adalah waktu yang pas untuk romantis ke anak. Karena itu, jika diawali dengan kegiatan membaca buku yang menyenangkan maka anak jadi bahagia. Bahagia itulah yang membuat anak tidur nyenyak.


Ketiga, bacain buku sebelum tidur bisa banget menambah kosakata anak. Mereka akan mendengar istilah-istilah yang jarang dipakai dalam keseharian. Yang biasanya hanya ditemui saat membaca buku. Mungkin mereka nggak akan langsung paham ya, tapi lewat mendengar setiap hari akan melekat di dalam otaknya. Eh secara mengejutkan anak akan mengalami ledakan bahasa.


5 Tips Membacakan Buku Sebelum Tidur


Pilih Buku Yang Tepat


Membacakan buku ke anak tentu saja nggak bisa sembarangan ya. Ini berhubungan dengan tingkat konsentrasi anak yang pendek. Itulah kenapa banyak buku anak yang ceritanya tidak lebih dari 5 kalimat. Dan sekarang penerbitan buku anak pun sudah lebih memperhatikan ini dengan menerapkan penjenjangan. Buku anak juga harus lebih dominan ilustrasi atau gambar. Jadi anak bisa mendapatkan buku yang sesuai dengan usianya.


Membaca buku cerita anak
Membaca buku cerita anak

Menurutku buku yang cocok adalah jenis buku cerita ya. Baik itu cerita rakyat, cerita akhlak baik, ataupun cerita fabel. Saat ini buku cerita anak sangat bervariasi pilihannya. Bahkan nggak hanya dalam bentuk cetak. Sudah semakin banyak buku digital yang bisa di download ataupun lewat aplikasi. Seperti literacycloud.org, letsreadasia, ipusnas, dan masih banyak lagi.


Buat Jadwal Rutin


Sekolah tanpa jadwal bisa ambyar nggak sih. Disitulah fungsi jadwal, agar semua berjalan sesuai dengan rencana. Begitupun membiasakan baca buku sebelum tidur. 5-10 menit sebelum tidur adalah waktu yang pas. Jika dirutinkan setiap hari akan menjadi habit yang baik untuk anak. 


Menurut pengalaman aku sih anak ketagihan banget dibacain buku. Bahkan bisa memilih buku lebih dari satu karena merasa keasikan. Nah kalau ada jadwal yang sudah disepakati seperti waktu dan jumlah buku yang dibaca. Maka nggak akan terjadi anak beralasan nambah buku karena nggak mau tidur. 


Ciptakan Lingkungan Yang Nyaman


Kejadian anak minta makan setelah jam akan tidur sering banget aku alami. Keadaan beneran lapar atau alasan, tetap saja aku harus memastikan anak sudah makan. Dan sudah gosok gigi sehingga siap untuk ritual sebelum tidur yaitu baca buku.


Faktor seperti pencahayaan kamar, suara saat membaca, dan kondisi tempat tidur juga bisa mendukung lingkungan yang nyaman untuk memulai baca buku sebelum tidur. Pencahayaan kamar baiknya masih terang ya, nggak bisa baca dong kalau redup kan. Nanti perlahan diredupkan ketika anak sudah siap tidur. 


Praktekkan Mindfulness Saat Membaca


Percuma bacain anak buku sebelum tidur kalau cerita yang aku bawakan tidak menarik nih. Bukan karena bukunya, tapi karena akunya yang nggak pandai membacakan. Demi membuat anak fokus dengan cerita, aku sebisa mungkin harus punya skill membacakan buku.


Misalnya, suara di tinggi rendahkan sesuai dengan jalan cerita untuk efek dramatis. Biasa aku juga menambahkan mimik wajah. Bahkan sesekali aku pakai boneka untuk lebih menghayati cerita. Sejauh ini berusaha semenarik mungkin membuat anak betah dibacain buku sebelum tidur.


Menyampaikan Hikmah Cerita


Serangkaian prosesi membacakan buku anak sebelum tidur akan terasa kurang lengkap kalau nggak menyampaikan hikmah dari cerita yang dibaca. Harapanku sih ya, hikmah itu bisa melekat di benak anak. Mengingat waktu sebelum tidur adalah waktu tenang mereka dari hiruk pikuk kehidupan seharian. Jadi otak mereka lagi bagus buat menerima limpahan informasi baik. 


Ayo Membacakan Buku Anak Lebih Sering


Baca buku yuk
Membaca buku bersama anak

Gawat darurat membaca di Indonesia memang beneran terjadi ya. Sekarang semakin parah karena adanya gelombang pemakaian gadget. Informasi instan begitu mudah didapat anakku hanya dengan sekali ketik kata kunci di mbah google. Begitu banyak pula berita hoax bertebaran, sehingga kalau kekepoan anak nggak dipelihara lewat membaca maka akan tersesat dong anakku.


Membacakan buku sebelum tidur merupakan salah satu upaya ya untuk memelihara rasa ingin tahu anak. Bagaimana cara menggali informasi dengan cara yang runtut. Sehingga pemahaman literasi anak menjadi lebih baik. Nggak asal gitu ya menerima informasi tuh. 


Bukan cuma bisa membaca saja. Yang terpenting adalah memahami apa yang dibaca. Pemahaman akan bacaan itulah yang membuat kegiatan membaca buku harus semakin digiatkan khususnya untuk anak. Maka dari itu, marilah membacakan buku anak sesering mungkin.  Kalian sudah bacain buku ke anak belum hari ini?






10 komentar

Terima kasih sudah berkunjung :)
  1. Terkenal ga mau baca tapi budaya tutur tinggi :( semoga anak2 kita terhindar dr yg demikian ya ibook

    BalasHapus
  2. Tantangan banget soal ini. Saya pernah coba bacakan buku untuk anak. Cuma beberapa kali aja sebulan. Itupun kalau ga males. Semoga bisa rutin dan istiqamah kayak Ibook.

    BalasHapus
  3. Waah.. ini nih.. kebiasaan malam yang ditunggu anak-anak.. saat paling mengasyikkan pokoknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak, kadang saking serunya nggak tidur2 anak2 ya haha

      Hapus
  4. Sebagai anak yang tumbuh dengan dongeng2 sebelum tidur, aku setuju sekalil kak

    BalasHapus
  5. Setuju sekali Kak. Tapi kadang melawan rasa kantuknya itu yang luar biasa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul kak, kondisi badan nggak bisa ditebak ya

      Hapus