Ganti Judul dan ALt sendiri

Kegiatan Seru Bersama Anak: Membuat Es Lilin Homemade

 Hy bybok!


Sebagai ibu yang sebenarnya mageran, aku jarang banget ajak anak bebikinan di dapur. Tapi berhubung cuaca belakangan ini sangat panas, aku ngide nih kegiatan seru bersama anak membuat es lilin homemade. Selain seru tentu saja dapat es lilin yang segar ya. Hmm cocok banget kan ya. Membayangkan saja sudah segar di tenggorokan.


Tapi sayang banget karena kericuhan kalau lagi di dapur bareng anak, aku nggak mendokumentasikannya. Nggak apa lah ya. Yang terpenting adalah cerita serunya yang akan selalu dikenang sama anak-anak.


Manfaat Kegiatan Seru Bersama Anak


Jujur ya di era gempuran gadget saat ini, sangat bersyukur sekali masih bisa ajak anak berkegiatan seru. Terkadang orang tua saja yang malas repot saat bebikinan bareng anak, termasuk aku. Tapi mengingat manfaatnya sangat banyak, perlu banget untuk sering mengajak anak berkegiatan seru bersama. Selain mengalihkan anak dari keinginan main gadget, kegiatan seru bersama anak bisa meningkatkan bonding.


Salah satu manfaat yang aku rasakan saat membuat es lilin bareng anak adalah bonding. Secara nggak langsung kegiatan ini menjadi sarana aku dan anak berkomunikasi dengan lebih baik. Belum lagi manfaat lain seperti bisa mengajarkan keterampilan dasar di dapur. Jadi kegiatan ini combo, mendapatkan kesegaran dan kesenangan. Kegiatan ini juga mengajarkan ke anak bahwa membuat sesuatu itu membutuhkan proses. Harus sabar dan telaten.


Persiapan Alat Dan Bahan


Seperti kegiatan masak memasak pada umumnya, tentunya sebelum mulai harus menyiapkan alat dan bahan ya. Disini anak aku ikut terlibat dalam persiapannya. Aku sengaja meminta tolong untuk menuang atau memasukkan. Tentu saja bagian menyalakan kompor harus dengan pengawasan. Sebelum itu saat belanja bahan pun bersama anak.


Bahan susu kental manis
Sumber: google.com

Apa saja alat dan bahan yang dibutuhkan? Alatnya aku memakai panci untuk merebus bahan. Sedangkan bahannya adalah susu UHT merk apa saja, keju spready atau keju oles, susu kental 1 kaleng, dan coklat untuk penambah rasa. Boleh juga sih ditambah tepung maizena tapi karena aku lupa membeli jadilah tanpa maizena. Dan satu lagi harus sedia plastik es atau wadah cetakan es. 


Kreatifitas Dalam Pembuatan Es Lilin


Proses pembuatan es lilin kali ini sangat mudah dan nggak memakan banyak waktu ya. Hanya saat pendinginannya di freezer saja yang membutuhkan waktu. Tapi anak sabar kok menunggu, karena sekaligus sangat senang. Ketika anak diajak ikut andil dalam membuat sesuatu, dia pasti akan lebih excited menikmati proses sampai hasilnya.


Kegiatan seru bersama anak
Sumber: google.com

Berikut caraku membuat es lilin homemade:

  1. Tuangkan semua bahan kecuali coklat ke dalam panci. Disini aku memberikan kesempatan ke anakku untuk menuang.

  2. Panaskan panci isi bahan tadi diatas kompor. Nah pada bagian ini aku tawarkan dulu ke anak, mau nggak mencoba. Dan anakku mau mulai mencoba menyalakan kompor sampai mengaduk panci diatas kompor. Walaupun nggak lama karena merasa kepanasan. Tapi oke banget dia mau mencoba.

  3. Aduk terus panci isi bahan diatas kompor hingga semua bahan menyatu.

  4. Setelah tercampur, matikan kompor. Tunggu sampai dingin.

  5. Selama menunggu, aku mengajak anakku memasukkan isian coklat dalam plastik es dan wadah cetakan es.

  6. Setelah dingin, masukkan bahan es tadi kedalam plastik es dan wadah cetakan es. Bagian ini aku memasukkan ke dalam plastik, sementara anakku menuang ke dalam wadah cetakan es.

  7. Simpan semua es ke dalam kulkas.


Karena aku cuma punya coklat, jadi aku nggak bisa berkreasi nih dengan isiannya. Padahal bisa banget mengajak anak mengisi dengan berbagai rasa. Supaya lebih seru bisa juga menyediakan berbagai cetakan es yang lucu. Atau biarkan anak berkreasi dengan isiannya. Pasti aku akan menemukan banyak ide anak yang bikin geleng kepala. Salah satunya kata anakku, dia akan mengisi dengan remahan biskuit dan permen yupi. Wah kreatif sekali kan.


Mengajarkan Keterampilan Dan Konsep


Nggak afdol rasanya berkegiatan bareng anak kalau nggak mendapatkan sesuatu. Selain es lilin tentunya ya. Dan kegiatanku kali ini bersama anak mengajarkan keterampilan tangan. Seperti menuang dan mengaduk. Ditambah mengasah indera anak merasakan sensasi panas dan dingin.


Ada pembelajaran konsep matematika juga nih dalam kegiatan kali ini. Saat menyiapkan bahan, nggak bisa sembarangan. Harus akurat sesuai resep. Mengenalkan anak dengan ukuran timbangan bahan seperti kilogram dan mililiter. Kilogram untuk bahan seperti tepung dan gula. Sedangkan mililiter untuk bahan berbentuk cairan seperti susu dan air.


Hasilnya…


Alhamdulillah setelah menunggu sekitar setengah hari, aku bisa menikmati es lilin homemade buatanku dan anak. Meskipun hasilnya masih kalah lembut dengan es krim umumnya, tapi anakku suka sekali. Nggak berhenti dia bilang es buatanku sambil tertawa senang. Momen seperti inilah yang nggak bisa didapat dengan main gadget. Misalkan main game membuat es lilin pun cuma mendapat gambarnya. Nggak bisa merasakan es lilinnya dan melalui proses pembuatannya.


Membuat es lilin homemade
Sumber: google.com

Resep es lilin homemade banyak tersebar beraneka ragam kreasinya tinggal memilih. Bisa juga mengunjungi cookpad. Aku biasanya merujuk di website itu. Nah tinggal eksekusinya nih bersama anak.


Memang ya, aku sebagai orang tua merasakan sendiri terkadang malas repot berkegiatan bersama anak. Tapi kalau nggak merubah mindset itu maka aku akan kehilangan momen mengajarkan banyak hal ke anakku. Dari kegiatan sederhana membuat es lilin homemade saja sudah banyak keterampilan yang diasah. So kapan nih kalian membuat es lilin bersama anak? Aku tunggu ya ceritanya…

6 komentar

Terima kasih sudah berkunjung :)
  1. Aku tiap baca by bybok tuh ngerasa auto semangaaat

    BalasHapus
  2. Pas banget lagi panas2nya ya kak

    BalasHapus
  3. Keseruan sama anak, bisa jadi ide tulisan juga ya. Mantap kak

    BalasHapus
  4. Wah...asyik banget. Anak-anak pasti senang tuh. Apalagi cuaca yang terus panas, minum es lilin. Hmm...jadi haus.hehe

    BalasHapus
  5. Wah enakk ini Kak. Pengen nyoba nanti

    BalasHapus