Ganti Judul dan ALt sendiri

Mengasah Keterampilan Motorik Dan Kreativitas Anak Dengan Brakiasi Toys

 Hy bybok!

Brakiasi toys
Brakiasi toys dirumahku

Ini adalah penampakan alat bermain di rumah yang multifungsi sekali. Apalagi untuk mengasah keterampilan motorik dan kreativitas anak. Namanya adalah brakiasi toys.

Alhamdulillah kedua anakku sangat aktif sekali. Apalagi si kakak yang memang anak kinestetik. Segala hal dilakukan dengan gerakan. Sesantai main game pun dia sering berpindah tempat demi mencari kenyamanan. Menonton TV nggak bisa diam. Selalu berpindah dan sambil melakukan sesuatu. Kalau adik masih banyak melakukan hal karena meniru kakaknya. Jadilah mereka berdua sangat sulit duduk diam lama.

Terkadang kalau energi geraknya nggak tersalurkan, mereka malah susah tidur. Bisa dalam bentuk begadang atau rewel. Itulah kenapa si kakak nggak pernah tidur siang. Kalau tidur siang sudah bisa dipastikan malah akan terjaga cukup lama. Wong nggak tidur siang saja harus agak memaksa saat aku ajak tidur. Karenal banyak hal itulah akhirnya aku meminta ayahnya untuk membuatkan brakiasi toys di rumah.

Apakah Itu Brakiasi Toys?

Pertama kali tahu brakiasi toys adalah saat salah satu influencer review brakiasi toys ini. Pas banget ketika itu aku kewalahan dengan tingkah kakak yang nggak bisa diam. Kakak cenderung suka memanjat dan berlari. Apapun di panjat, mulai dari jendela sampai rak buku. Setiap berjalan nggak pernah santai, malah cenderung berlari dan lompat kecil. Energi sangat banyak walaupun sudah gerak seharian kadang masih aktif di malam hari. Aku berpikir wah kayaknya brakiasi ini cocok banget buat kakak.

Brakiasi toys adalah mainan atau peralatan yang dirancang khusus untuk membantu anak-anak mengembangkan keterampilan motorik, keseimbangan, dan koordinasi mata tangan. Brakiasi toys sering kali terdiri dari berbagai elemen yang digantung atau dipasang yang memungkinkan anak-anak untuk bergantung, meraih, memanjat, atau bergerak melalui rintangan.

Pilihan Brakiasi Toys

Bermain dengan brakiasi toys
Bermain dengan brakiasi toys

Brakiasi toys yang aku miliki dirumah seperti gambar diatas terdiri dari tangga, gantungan tangan, tangga jarinv, dan perosotan. Brakiasi toys ini adalah buah tangan kreatif ayahnya. Jadi pembuatannya pun by request sesuai dengan apa yang dibutuhkan kakak. Termasuk perosotan itu hanya tambahan saja. Aku membuat brakiasi toys ini saat kakak berusia 2 tahun. 

Pilihan brakiasi toys dapat bervasia tergantung pada usia anak, tingkat keterampilan, dan ruang yang tersedia. Berhubung rumahku kecil ya ukurannya pun disesuaikan.

Berikut beberapa brakiasi toys yang umum digunakan:

1. Jembatan tali (climbing ropes), adalah talu dengan simpul atau pegangan digantung berbagai tingkat. Anak bisa merayap, memanjat, atau bergaantung dari tali ini.

2. Papan gelombang (wobble boards), papan ini memiliki permukaan bergelombang untuk berdiri, berguling, atau mengatur tantangan keseimbangan.

3. Gantungan tangan (monkey bars), terdiri dari batang horisontal yang memungkinkan anak bergantung dan bergerak di antaranya.

4. Pegangan tangan (hand holds), genggaman tangan yang dipasang pada dinding atau panel untuk memanjat dan bergerak.

5. Rings, cincin gantung yang terbuat dari plastik atau kayu untuk bergantung atau berayun.

6. Rock climbing holds, pegangan yang biasa4 digunakan di dinding panjat tebing anak-anak.

7. Tangga berjalan (stepping stones), batu atau blok diatur di tanah atau lantai untuk menciptakan tangga berjalan atau jalur keseimbangan.

8. Jaring gantung (hanging nets), jaring yang digantungkan dan dapat diayun untuk merayap dan bergerak di dalamnya.

9. Piramida motorik (climbing pyramid), struktur tiga dimensi yang mencakup berbagai elemen seperti tangga, pegangan, dan platform untuk bermain dan memanjat.

10. Batu bergelombang (rocking stones), batu yang dirancang untuk digulingkan atau dinaiki oleh anak-anak.

11. Wall Bars, struktur dengan batang dan pegangan yang terpasang pada dinding untuk digunakan dalam latihan keseimbang dan kemampuan motorik.

12. Scooters and balance bike, roda dan alat bantu yang membantu anak mengembangkan keterampilan keseimbang dan koodinasi.

Manfaat Brakiasi Toys

Nggak diragukan lagi sih, brakiasi toys jadi pemecah masalahku tadi ketika anak sangat aktif tapi juga mau dia lakukan dengan cara yang benar. Jujur sih bermanfaat banget punya brakiasi toys untuk yang punya anak dibawah 5 tahun. Beneran membantu mengasah motorik dan kreatifitas.

Berikut manfaat brakiasi toys yang aku rasakan:

1. Mengembangkan motorik halus dan kasar, motorik halus seperti menggenggam, meraih, dan menekan. Sedangkan motorik kasar seperti memanjat, merayap, dan bergerak. Misalkan ketika bermain jaring gantung, anak harus meraih dan menggantung pada tali dan jaring, dimana anak mengendalikan gerakan tangan yang termasuk motorik halus. Anak memanjat, merayap, dan melompat adalah melatih motorik kasar 

2. Koordinasi mata tangan, anak belajar mengontrol koordinasi mata dan tangan saat bermain dengan brakiasi toys. Nggak mungkin kan main dengan mata tertutup alias merem. Misal saat main monkey bar, otomatis anak mengotrol kekuatan tangan dan melihat apakah sudah pas yang dipegang.

3. Perkembangan keseimbangan, karena melibatkan banyak gerakan fisik otomatis anak akan belajar keseimbangan. Kalai tidak anak akan mudah jatuh. Misal saat bermain papan gelombang dan tangga berjalan.

4. Meningkatkan kreatifitas, saat bermain brakiasi toys anak menciptakan jalur dan rute yang unik. Hal ini mereka lakukan untuk bisa menyelesaikan tantangan yaitu menaklukkan si brakiasi toys.

5. Meningkatkan kepercayaan diri, anak menjadi lebih percaya diri ketika bisa menghadapi tantangan fisik dan mengatasi rasa takutnya.

6. Mengembangkan kemampuan kognitif, anak harus merencanakan dan memecahkan masalah untuk menavigasi dan bermain.

7. Mengembangkan kemampuan fisik, aktivitas memanjat, bergantung, atau merayap dapat membantu anak mengembangkan kekuatan otot, terutama otot lengan, kaki, dan tubuh inti.

8. Interaksi sosial, anak dapat berkolaborasi, berbagi ide, dan bermain bersama yang sangat penting untuk mengembangkan sosial mereka.

9. Pendidikan tentang kesehatan, anak belajar memahami batas dan menghindari bahaya, yang merupakan pengetahuan penting untuk keselamatan.

Brakiasi toys bukan hanya menyediakan hiburan tapi juga alat bermain yang berharga untuk membantu tumbuh kembang anak dalam berbagai aspek perkembangan.

Mengasah Keterampilan Motorik Dan Kreativitas Anak Dengan Brakiasi Toys

Mengasah motorik dan kreatifitas dengan brakiasi toys
Mengasah perkembangan anak dengan brakiasi toys

Dengan adanya brakiasi toys di rumah, aku mendapat bantuan melatih motorik kakak. Selama kakak main, secara otomatis motoriknya terasah. Belum lagi kakak berusaha menaklukkan brakiasi toys ini dengan menyelesaikan semua permainannya. Yang paling disukai kakak adalah si monkey bars. Kakak bisa bergelantungan sempurna, berputar bahkan mengayun persis seperti monyet. Hahaha. Dan tentu saja si perosotan. Nah jalan menuju perosotan ini kakak juga harus melewati rintangan tangga horisontal dan vertikal. Bukan perosotan biasa. Kakak jadi semakin kreatif setiap hari. Karena dia berusaha mencari ide mau main apalagi dengan brakiasi toysnya. 

Terima kasih buat ayah sih yang mau membuat brakiasi toys yang nggak mudah ini. Karena kalau beli agak lumayan pricey ya. Lebih baik coba sewa dulu, supaya tahu si anak mau bermain atau nggak. Setelah sewa baru pertimbangan untuk membeli. Intinya nggak akan rugi buat anak. Yuk cobain main brakias toys!

4 komentar

Terima kasih sudah berkunjung :)
  1. Tingkat keamanannya gimana, mba? Harus selalu diawasi kah? Atau ditambah alas bawah untuk mencegah benturan?

    BalasHapus
  2. Selalu diawasi aja sih mbak, awal butuh bimbingan ya pasti. Kalau bawahnya nggak aku kasih alas sih, kalau aku ya :D

    BalasHapus
  3. waaah.. baru tahu namanya brakiasi toys. terima kasiih..

    BalasHapus
  4. namanya unik mbak, barkiasi toys..

    BalasHapus