Ganti Judul dan ALt sendiri

Blog Coaching Bersama Blogspedia: Pengalaman Dan Kesimpulan

 Hy bybok!

Mempunyai blog pribadi adalah salah satu goal dalam hidupku. Awal bermimpi sama sekali nggak tahu cara memulainya darimana. Suka baca blogwalking rasanya sangat berbeda dengan membaca artikel berita. Lebih berasa sentuhan personalnya. Paling suka baca blog ber-POV orang pertama. Singkat cerita bertemu dengan Blogspedia  yang menyediakan blog coaching. Blog coaching adalah kelas belajar ngeblog untuk blogger pemula. Blogspedia coaching yang aku ikuti adalah kelas belajar dr blog gratis batch ke empat. Berikut akan aku ingin sharing pengalaman mengikuti blogspedia coaching batch 4.

Blogspedia web
Blogspedia website

Sudahlah nggak usah pikir panjang, aku mencoba daftar.  Walaupun belum tahu akan bagaimana nanti menjalaninya. Karena nggak bisa memungkiri menjadi ibu rumah tangga dengan 2 anak tidak mudah. Mengambil kesibukan yang berdeadline terasa agak memaksakan diri. Tapi aku bulatkan tekad karena aku merasa akan seru belajar di blogspedia coaching. Kalau lolos belajar sekuat tenaga, kalau nggak lolos ya sudah belajar otodidak sana sini saja. Hahaha. 

Alasan Mengikuti Blogcoaching

Sejak tertarik dengan dunia content writing, aku tentunya berusaha mencari informasi tentang bagaimana cara membuat blog. Cara bikinnya mudah sih ya, justru yang susah adalah bagaimana cara agar blog ku menarik dan banyak yang membaca. Disitulah titik di mana aku berpikir bahwa aku harus ikut kelas atau punya coach untuk mendapat bimbingan belajar blog dengan lebih professional.

Harapannya sih aku bisa belajar ngeblog dengan lebih sistematis. Belajar dari dasar tentang cara menjadi blogger pemula. Tujuannya supaya aku bisa fokus pada mengembangkan blog. 

Transformasi Melalui Blog Coaching Bersama Blogspedia

Bagai gayung bersambut, tiba-tiba teman instagram update story ikut blogscoahing di Blogspedia Coaching. Wah apa ini? Kepo, aku bukalah instagram Blogspedia. Girang banget tahu blogspedia lagi buka kelas bacth 3 nya, tapi syaratnya harus mengerjakan challenge one day one post alias ODOP selama 15 hari. Mencoba ikutan challenge nya tapi hanya sanggup sampai 3 postingan. Hahaha.

Namun aku menyimpan baik dalam memori kalau ada blogscoaching di akun blogspedia. Ternyata suatu hari buka lagi tuh blogspedia coaching batch 4. Gass daftar tanpa pikir panjang. Namanya rejeki ya, alhamdulillah bisa lolos. Bertransformasi menjadi blogger nyatanya butuh proses yang panjang dan susah ya. Membutuhkan tekad yang kuat juga untuk mengembangkan blog menjadi lebih baik.

Perjalanan Memulai Blogscoaching

Perjalanan dari blogger cupu dimulai bersama coach Marita Ningtyas yang juga founder blogspedia. Coach Marita sangat humble dan telaten mengajarkan berbagai materi. Belum lagi menjawab pertanyaan peserta. Padahal ini kelas gratis, tapi coach Marita dan coach lainnya sangat totalitas dalam membimbing peserta yang totalnya 30 lebih.

Ternyata blogspedia tidak hanya menyediakan jasa blogspedia coaching, tapi juga jasa pembuatan konten, jasa pembuatan template, dan jasa pembuatan toko online.

Materi cara menjadi blogger pemula dalam jasa blosgspedia coaching ini sangat banyak, kurang lebih 22 materi yang akan dilaksanakan selama 3 bulan. Selama mengikuti materinya alhamdulillah nggak berjalan mulus. Hahaha. Disini strong why ku ketika ingin belajar blog dipertaruhkan. Materi yang aku dapat antara lain adalah materi membuat artikel berbagai jenis, belajar SEO, belajar mempercantik blog dengan pemrograman sederhana, dan berkolaborasi bersama sesama blogger. Ternyata transformasi dari blogger cupu menuju blogger pemula sangat panjang prosesnya. Harus menggunakan tenaga dan pikiran ekstra. 

Blogspedia coaching
Hasil mengikuti blogspedia coaching

Dari semua materi, aku paling suka semuanya. Karena semua begitu penting dan pengetahuan baru buatku. Seperti cara membuat konten tentang review film atau buku. Ada rules yang harus dipenuhi agar hasil review menjadi asik untuk dibaca. Atau saat materi mempercantik blog. Bermain dengan bahasa pemrogaman yang sulit tapi seru. Materi ini menghabiskan waktu 5 hari sendiri. Ya gimana memang begitu rumit kan ya belajar coding. Tapi semua coach sangat membantu memecahkan misteri si coding. Sampai akhirnya tampilan blog menjadi lebih SEO friendly. Bahkan nih dalam blog, gambar pun punya kriteria agar gampang dilirik mbah google. Ini masuk dalam materi SEO. Masih banyak lagi materi seru sekaligus prakteknya yang nggak bakal bikin nyesel ikutan.

Dan alhamdulillah selama 3 bulan menjalani belajar ngeblog bersama blogspedia membuat blog pribadiku menjadi lebih cantik baik dari segi tampilan maupun isi. Sekarang nggak asal lagi isi blog, tapi juga memikirkan kebermanfaatannya untuk orang.

Bagaimana Blogku Saat Ini...

MasyaAllah nggak berhenti bersyukur ya, walaupun kelas blog gratis tapi sama sekali nggak kaleng-kaleng ilmunya. Sampai detik ini suka kagum melihat blogku lebih terlihat agak niat dari tampilan awal. Hampir mirip dengan blog yang banyak aku baca di internet.

Terus terang gegara ikut blogspedia coaching aku jadi semakin semangat isi blog. Sudah punya gambaran mau membuat artikel yang seperti apa. Bahkan memikirkan bagaimana artikelku bisa tembus halaman pertama mbah google walaupun belum berhasil. 

Grup blogspedia coaching batch 4
Blogspedia coaching batch 4

Dalam proses yang panjang ini, nggak jarang aku mengalami patah semangat, buntu ide, bahkan malas mengetik. Disitulah kenapa aku membutuhkan coaching. Dan lagi ada teman seperjuangan blogspedia coaching batch 4 yang menemani. Beberapa kali pula ingin mengakhiri saja coaching nya, namun ternyata aku lebih merasa seru diburu tugas. Teringat bagaimana susahnya bisa masuk ke dalam blogscoaching ini. Dapat materi cara menjadi blogger pemula secara gratis lagi.

Semoga kedepannya, aku semakin semangat lagi mengembangkan blogku hingga dapat menjadi blog yang dicari banyak orang. Yuk buat kalian yang punya minat ngeblog dan membutuhkan coaching bisa loh mengikuti blogspedia coaching.


3 komentar

Terima kasih sudah berkunjung :)
  1. semangat ibooksaurus. Jangan patah semangat, kalau buntu ide jalan-jalan atau drakor dulu aja. hehe Terus berkarya bersama saurus-saurusnya yak..

    BalasHapus