Ganti Judul dan ALt sendiri

Memasang Top Level Domain Pertamaku

 Akhirnya Top Level Domain Pertamaku

Top level domain dot blog

Hy byboook! Hmm lagi senang sekali nih aku. MasyaAllah alhamdulillah akhirnya bisa merasakan yang namanya punya domain untuk blog. Horeeey! Pencapaian di dunia blog yang nggak pernah aku kira akan datang secepat ini. Jujur nih penasaran banget sama dot com, dot org, dan dot-dot lainnya sejak lama. Tapi nggak punya kuasa untuk mewujudkannya. Tibalah di perjalanan memasang Top Level Domain pertamaku.


Kenapa? Iya karena memang merasa belum mampu aja. Tapi ternyata merasakan punya domain nggak harus menunggu punya artikel beribu-ribu seperti yang selama ini aku sangka loh. Selain ada blognya nih cukup niat dan uang aja :D. Blog untuk wadah konsisten nulis, niat untuk pondasi rajin nulis, dan uang untuk bayar pembelian domain lah tentunya hehe.


Di coaching blog bersama blospedia kali ini, bersyukur sekali di materi tujuh udah ngulik masalah teknis seperti memasang domain. Agak kaget sih tapi sekaligus excited. Nggak sabar melihat alamat blogku jadi terlihat lebih keren, bagiku haha.


Apa Saja Yang Harus Aku Siapkan?


Ceritanya materi tujuh berisi petunjuk teknis memasang domain. Apa itu domain? Jadi domain itu alamat ya, ibaratnya jika blogspot adalah rumah, maka domain adalah alamatnya. Kalau rumah nggak ada alamatnya tentu nyasar dong ya. Alamat ini penting ya supaya blogku lebih meyakinkan. 


Bentuk domain itu apa saja? Ada dot com, dot org, dot id, dan masih banyak lagi. Tergantung penggunaannya sih. Kalau blog pribadi biasanya pilih dot com. Dan kata coach Marita paling aman adalah dot com. Nah aku sendiri memilih dot blog. Kok? Iya nggak ada alasan tertentu sih, cuma merasa keren dan pembelian domain dot blog lagi diskon hihihi. 


Selain blog yang akan aku buatkan alamat, aku juga harus mempersiapkan biaya untuk membeli domain. Lalu tentu saja yang maha penting adalah niat lebih konsisten lagi dalam menulis.


Bagaimana Cara Memasang TLD?


Baru membaca materi sudah pusing duluan :D lantaran kelihatannya sangat ribet. Dan aku paling nggak suka menangani teknis yang harus telaten sekali. 


Kesempatan kali ini aku memilih membeli domain di niagahoster. Untuk domain dot blog cukup membayar sekitar lima puluh ribuan aja. Kenapa memilih dot blog? Nggak ada alasan khusus, cuma karena terlihat keren dan harganya tidak terlalu mahal :D. Harapanku adalah bisa memberi semangat mengisi blog kedepannya.


Kurang lebih begini tahapan aku memasang TLD,


Tahap 1: membeli domain di niagahoster


Di tahap ini yang pertama aku lakukan adalah masuk ke website niagahoster. Step yang aku lakukan adalah:

1. Masuk dalam menu domain dengan cara klik titik tiga dipojok kanan atas.


Halaman niagahoster
Halaman utama niagahoster

2. Setelah itu pilih cari nama domain impian, pada step ini aku memasukkan nama domain yang aku inginkan. Apabila tersedia maka bisa langsung dipilih.

Halaman niagahoster
Halaman mencari domain impian

3. Nah kebetulan iboksaurus.blog bisa dipilih, dan masuk ke langkah pembayaran domain.
4. Disini aku diminta untuk login dulu ke niagahoster, jadi aku masukkan alamat email, lalu login.
5. Sebelum melangkah ke step selanjutnya cek email untuk verifikasi.
6. Aku melakukan pembayaran domain sesuai dengan billing.
7. Setelah pembayaran berhasil, aku login ke niagahoster untuk melakukan setting domain. Tak lupa selalu cek email supaya nggak terlewat step yang mungkin dikirim lewat email.
8. Memastikan domain yang aku pilih udah aktif melalui dasbor niagahoster. 

Sampai sini udah aman sentosa rasanya, karena nyaris tanpa halangan yang berarti. Cukup lebih teliti dan selalu cek email aja supaya nggak ada yang terlewat. Yang lama adalah menentukan mau pakai domain yang mana :D. Karena dot com masih terlalu mahal buatku yang perlu belajar konsisten, akhirnya aku memilih dot blog yang saat itu diskon dan ramah di kantongku. Kata coach sih harga domain nggak akan mempengaruhi performa blog.


Tahap 2: setting domain


Masuk ke tahap yang berpusing ria nih :D. Sempat pusing kepala tapi alhamdulillah terlewati. Step yang aku lakukan adalah:

1. Setelah domain dinyatakan aktif, aku masuk ke menu setting domain.

Halaman setting DNS
2. Kemudian aku pilih DNS manajemen. Disini akan ada part mengisi CNAME dan A.
3. Buka dasbor blogspot, lalu pilih setting dan custom domain. Aku memasukkan alamat domainku yang sudah aktif dan klik simpan. Maka akan muncul pesan eror yang berisi kode untuk CNAME 1, CNMAE 2, dan A.

Halaman setting DNS

4. Kembali ke dasbor niagahoster, ternyata pada bagian DNS records yang harus aku isi telah muncul data CNAME dan A.
5. Akhirnya aku menghapus CNAME dan A, dan kemudian menggantinya dengan mengisi manual sesuai petunjuk. Caranya dengan klik Add records, lalu isi satu persatu.
6. Setelah itu, aku mencoba mengecek di website who.is dan surpriseeee domain blogku udah aktif dan bisa digunakan.

Tahap ini nggak semulus itu ya :D, aku mengalami kendala di mengisi DNS records sampai mau kirim pesan ke CS niagahoster. Tapi kuurungkan dan akhirnya memilih mengisinya sesuai petunjuk di artikel materi. Sambil berdoa semoga langsung bisa. Dan keberuntungan sedang berpihak kepadaku, domain pertamaku langsung aktif dan bisa digunakan.


Baca juga: Cara Memasang TLD


Top Level Domain Pertamaku


MasyaAllah alhamdulillah sangat bersyukur kali ini dimudahkan. Dalam sekali jalan domain pertamaku bisa aktif dengan hambatan yang sangat sedikit. Benar kata coach, dalam memasang TLD harus sabar dan teliti. Nggak bisa diburu juga, tergantung server saat itu sedang bagus atau nggak. Bahkan beberapa kali di niagahoster tidak muncul petunjuk apa-apa untuk ke step selanjutnya. Beruntung aku terpikir untuk merefresh halamannya. Dan benar saja setelah itu baru muncul langkah apa yang harus aku lakukan. Seperti saat mengisi DNS, waktu klik Add records malah nggak muncul apapun. Jujur aku menjadi bingung. Eh nggak tahunya aku harus refresh berulang.


Ketika mencoba search di browser dengan mengetik www.iboksaurus.blog , langsung terbuka blogku. Waw sangat amazing sekali punya domain! Memasang Top Level Domain pertamaku telah berhasil. Semoga ini pembuka jalanku untuk lebih konsisten menulis. Apalagi bisa tercapai target menjadi blog yang bercuan. Amin. Bismillah.

8 komentar

Terima kasih sudah berkunjung :)
  1. Keren kak, memilih domain yg berbeda ya yg .blog, Tutornya super lengkap xixi..😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau udah praktek serasa mudah jelasinnya kak semoga konsisten isi blog setelah ini 😆✌🏻

      Hapus
  2. Yeah akhirnya Iboksaurus launching....masih bayangin dino yg gendong n ngejar bocilnya mbak haha. Be strong ya Ibook💪

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah kak 😆 iya bener ibok dino harus strong hihihi

      Hapus
  3. Caranya tetap sama ya setelah baca penhalamn teman2. walau tld nya beda. Juara sih emang niagahoster

    BalasHapus
  4. samaan kita mbak, pakai niagahoster. Alhamdulillah sudah punya TLD ya... selamaat..

    BalasHapus
  5. Sebenernya saya juga pingin pakai .blog, tapi belum jadi hehehe..

    BalasHapus