Ganti Judul dan ALt sendiri

Playdate: Kegiatan Seru Mengisi Waktu Luang Anak

 

playdate malang with brakiasi toys
Bermain Brakiasi Toys

Hy Bybok!


Hidup hampir 24 jam penuh bersama dua manusia kecil membuat aku terkadang mati gaya loh. Nggak bisa dipungkiri ya, kalau anak-anak juga perlu untuk diajak berkegiatan bersama. Beneran bersama, yaitu ada peran aku sebagai ibunya ikutan bermain didalamnya. Kegiatan seru apa nih yang biasa kalian lakukan saat mengisi waktu luang bersama anak?


Tanggal 8 April 2023 kemarin, ibok bersama ayah, kakak, dan adek berkesempatan ikut kegiatan seru nih. Pas banget kala itu bulan puasa. jadi sekalian menjadi kegiatan mengisi waktu luang sebelum berbuka puasa. Bertepatan juga dengan si ayah cuti. Jadi bisa pergi diantar oleh ayah, hehe.


Berkenalan Dengan Playdate Malang


Playdate Malang adalah komunitas bermain dan belajar anak di Malang. Playdate Malang memfasilitasi bonding antara anak dan orang tua. Nggak hanya anak yang berkegiatan, tapi orang tua juga harus ikut mendampingi. Playdate Malang dilaksanakan sebulan sekali dengan tema yang beragam. Penasaran banget tiap bulannya bakal ada tema apa ya bulan depan.


founder playdate malang
Ibok dan Kak Ruvita

Founder Playdate Malang adalah teman ibok. Namanya Kak Ruvita. Dia adalah seorang ibu sekaligus dosen. Kak Ruvita bersama tim khusus membuat konsep Playdate untuk membangun bonding anak dan orang tua. Selain bermain, anak dan orang tua juga belajar loh. Yang penasaran dengan komunitas Playdate Malang bisa langsung kepo ke instagramnya ya. Bagaimana keseruan ibok dan kakak ikut Playdate?


Kegiatan Seru Mengisi Waktu Luang Anak Bersama Playdate Malang


Playdate Malang yang aku ikuti bersama kakak kali ini bertema Funletic In Nature. Pas banget karena kakak suka sekali dengan kegiatan yang banyak gerak. Dan lagi kegiatan akan dilakukan outdoor alias di alam terbuka.


Tempat Pelaksanaan Playdate


Temanya saja Nature ya, otomatis bayanganku adalah di taman atau kebun binatang gitu ya. Dan ternyata malah disebuah tempat makan yang bernama Sambat Luwe. Resto yang mengusung konsep menyatu dengan alam. Pertama kali menginjakkan kaki disini sedikit kaget ternyata ada tempat makan sejuk bersebelahan dengan persawahan loh di tengah kota Malang. Good job banget sih buat tim Playdate yang sudah menemukan tempat ini. Kayaknya Ibok mainnya kurang jauh, haha.

sambat luwe malang
Sambat Luwe Malang

Awal masuk sudah disuguhkan dengan nuansa jawa yang tenang. Ada sungai kecil dengan banyak ikan. Lalu di tengah ada tanah lapang luas, dimana nanti palydate akan dilakukan. Ada kandang hewan juga yang dipelihara oleh resto. Tempat makannya pun bervariasi, bisa memilih lesehan, meja kursi, gazebo, atau pondokan. Tempst cuci tangan dan kamar mandi bersih. Serta ada musola yang bersih pula.

Kegiatan Seru Playdate

Selain tempatnya memilih yang kids friendly, kegiatan yang dilakukan pun sangat membuat anak-anak happy. Bahkan si kakak sebenarnya nggak mau udahan. Dapat teman baru dan berkegiatan bersama tentu membuat anak betah ya. Apa saja kegiatan yang dilakukan bersama Playdate Malang?
  1. Bernyanyi Dan Menari Bersama
    kegiatan playdate malang
    Kegiatan Bernyanyi Bersama
    Kegiatan paling mudah, menyenangkan, dan anak pasti suka adalah menyanyi. Dan tentu saja kegiatan Playdate kemarin diawali dengan menyanyi untuk mencairkan suasana. Sangat bekerja sih, karena seketika musik Banana Chacha Pororo diputar anak-anak langsung nggak sabar ikut bernyanyi dan menari. Yang malu-malu perlahan ikut juga. Seru sekali dengan panduan dari Kak Ruvita, si kakak terlihat senang dan suka.
  2. Read A Loud
    kegiatan mengisi waktu luang anak
    Read A Loud Oleh Kak Ruvita
    Kegiatan kedua yang juga sangat disukai kakak adalah read a loud. Kebetulan banget buku yang dipakai oleh Kak Ruvita adalah buku yang sering dibaca kakak dirumah. Karena pembawaan Kak Ruvita yang menyenagkan, terlihat anak-anak sangat menghayati cerita.
  3. Funletic in Nature
    funletic in nature
    Funletic In Nature
    Kegiatan yang disukai kakak lagi dan lagi, hahaha. Kali ini Funletic in Nature. Bermain di lahan seluas lapangan milik Sambat Luwe yang terletak ditengah. Disini anak-anak bermain motorik kasar. Melompat, merangkak, berjalan, dan berlari. Hampir seluruh anak menikmati, kecuali memang ada beberapa yang malu. Kakak-kakak dari tim Playdate stand by membantu.
  4. Art and Craft Bersama Orang Tua
    craft palydate malang
    Art and Craft Playdate Malang
    Memang tim Playdate paling juara ya, tahu saja kesenangan anak-anak. Setelah dipuaskan nih motorik kasarnya, anak-anak diajak bermain dengan motorik halusnya. Apalagi kalau bukan sesi art and craft. Bebikinan kali ini bersama orang tua. Karena temanya nature, kegiatannya membuat payung dari piring kertas yang ditempel di kertas HVS. Jelas kakak sangat senang dan bersemangat sekali.
  5. Memberi Makan Marmut dan Ikan
    playdate malang
    Sayangnya kegiatan selanjutnya memberi makan marmut dan ikan nggak sempat aku abadikan karena terlalu seru mendampingi kakak. Letak kandang marmut persis disebelah tempat melakukan art and craft. Jujur sih aku rasa nggak ada anak yang nggak gemas melihat hewan. Mereka takut tapi penasaran, hahaha. Menarik sekali. Apalagi waktu memberi makan ikan, harus melewati jembatan batu kecil. Cukup membuat anak terpacu adrenalinnya. 

  6. Foto Bersama Dan Goodie Bag
    goodie bag
    Goodie Bag Playdate Malang
    Setiap pertemuan pasti nggak afdl rasanya kalau nggak ada kenang-kenangan ya. Acara kali ini pun nggak lupa diakhiri dengan foto bersama dan pemberian goodie bag. Isi goodie bag nya bervariasi yang tentunya dari para sponsor acara. Dan kebetulan ibok juga menjadi salah satu sponsor. Senang banget sih kalau bisa bermanfaat untuk anak-anak.

Kesan Mengikuti Playdate Malang

Sepulang mengikuti Playdate Malang, tentu saja kakak begitu happy sampai mau ikut lagi bulan depan. Saking serunya kali ya. Bertemu banyak teman dan main bareng. Belum lagi pulang bawa bingkisan yang banyak. Rekomen banget kegiatan seru mengisi waktu luang anak bersama Playdate Malang.

Ketika kebingungan mau ngapain ya sama anak-anak weekend ini? Kegiatan seru apa ya yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu luang anak? Coba saja membuka instagram Playdate Malang, barangkali sedang membuka pendaftaran untuk kegiatan seru lainnya. Karena banyak banget peminatnya jadi kuota pesertanya terbatas nih. Ibok sih approve banget sama Playdate Malang.

3 komentar

Terima kasih sudah berkunjung :)
  1. Bisa jadi ide playdate next event disekolah anakku nih kak

    BalasHapus
  2. Wah-wah yang bikin iri sama yang tinggal di kota banyak agenda dan fasilitas seru seperti ini ya. Seru banget ada acara buat sekeluarga. Jadi nggak kehabisan ide buat nemenin bocil atau ngajakin keliling yang kadang nggak jelas mau kemana.

    BalasHapus